Jumat, 10 Januari 2014

Komunikasi Dalam Manajemen



A.    Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.
Menurut Lasswell (1960), Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?).
Menurut Robert Bonnington, Komunikasi organisasi adalah sarana dimana manajemen mengoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur formal dari tugas-tugas dan wewenang.

Menurut wiryanto (2005), Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi didalam kelompok fomal maupun informal dari suatu organisasi.

B.     Proses Komunikasi
PROSES KOMUNIKASI :
1.      Sumber / Pengirim pesan / Komunikator
2.      Pesan berupa lambang / tanda seperti kata-kata tertulis atau lisan
3.      Saluran Suatu yang dipakai sebagai alat penyampaian pesan
4.      Penerima / Komunikan yakni seseorang atau sekelompok orang atau organisasi yang jadi sasaran
5.      Akibat / dampak / hasil yang terjadi pada pihak penerima
6.      Umpan balik / Feedback tanggapan balik dari penerima
7.      Noise / gangguan Faktor-faktor fisik atau psikologis yang dapat mengganggu kelancaran proses komunikasi
C.    Hambatan Komunikasi
Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton (1992,p.10-11), ada hambatan-hambatan yang menyebabkankomunikasi tidak efektif yaitu adalah : 
a.       Status effect
b.      Semantic Problems
c.       Perceptual distorsion
d.      Cultural Differences
e.        Physical Distractions
f.       No Feed back
Sumber :
Bonnington, Robert, Modern Business: A System Approach. New York: Gramedia, 2005.
Facione, P. and Facione, N., Thinking and Reasoning in Human Decision Making, The California Academic Press / Insight Assessment, 2007
Wiryanto, Komunikasi Organisasi. Jakarta: Gramedia, 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar